BANGUN - BANGUN (Plectranthus Amboinicus) Nama Umum : Spreng

Editor: inihari.com author photo

Inihari.com - Manfaat Bangun-bangun berdasarkan tradisi secara turun-temurun di Tapanuli Raya dan daerah sekitarnya, KALAU ADA YANG MELAHIRKAN BANGUN-BANGUN INI MENJADI CIRI KHAS DALAM SETIAP MENUNYA, KARENA DIYAKINI SEBAGAI OBAT. PENGALAMAN INI SUDAH RATUSAN TAHUN YANG LAMPAU HINGGA KINI.

Tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Sariawan. Lima lembar daun segar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang. Daun yang sudah bersih lalu dikunyah perlahan-ahan, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

2. Demam. Daun segar 7 lembar dicuci bersih lalu dibilas dengan air matang, tumbuk sampai seperti bubur lalu diperas dan disaring. Airnya diminum dan ampasnya dipakai untuk menggosok badan.

3. Asma dan batuk. Daun segar 10 lembar cuci bersih dan bilas dengan air matang, tumbuk sampai seperti bubur lalu diperas dan disaring. Air perasannya ditambah minyak wijen, minum.

4. Batuk rejan. Biji jinten ¾ sendok teh digiling halus, lalu diseduh dengan ½ cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu, aduk sampai merata. Diminum selagi hangat 2 kali sehari.

5. Sakit kepala. Daun segar dicuci bersih lalu dimemarkan, tempelkan di kepala dan pelipis.

6. Rematik. Daun segar 10 lembar dicuci bersih lalu digiling halus, tambahkan air kapur sirih secukupnya dan diremas sampai merata. Bubur daun tersebut digunakan untuk melumas dan menggosok bagian yang sakit.

7. Ayan. Daun jinten 30 lembar,ngokilo 10 lembar, lenglengan 25 lembar, sambiloto 40 lembar, meniran 8 sirip,gula enau 3 jari. Cuci danpotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 4
gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x ¾ gelas.

8. Perut kembung. Daun 5 lembar, cuci tumbuk halus, seduh dengan ¾ cangkir air panas. Saring, minum

9. Memperbanyak asi. Daun jinten dimasak dengan sop ayam. Makan seluruhnya.

10. Aphrodisiak. Seluruh tanaman direbus bersama bahan lain.

Kandungan Kimiawi tumbuhan ini kaya dengan berbagai kandungan kimia yang sudah diketahui, l : Daun : Kalium, minyak atsiri 2% yang mengandung karvakrol, isoprofil-o-kresoldan fenol.
Share:
Komentar

Berita Terkini