Sambut HUT Ke-62, Kodam XII/Tpr Gelar Donor Darah Massal

Editor: inihari.com author photo

Kubu Raya

Inihari.com - Sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat diusianya yang ke-62 tahun, Kodam XII/Tanjungpura melaksanakan bhakti sosial. Bhakti sosial berupa donor darah ini berlangsung di aula Makodam XII/Tpr, Selasa (14/7/20)

Kegiatan donor darah sebagai wadah Kodam XII/Tpr untuk menjalin kemanunggalan dengan masyarakat ini diikuti oleh para prajurit, PNS serta Persit Kartika Chandra Kirana. Kegiatan ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah (UTD ) PMI Kota Pontianak.

Mewakili Pangdam, Kakesdam XII/Tpr, Kolonel Ckm dr. Sebastian, A.B., M.Kes., menjelaskan, kegiatan donor darah tersebut dalam rangka memperingati HUT ke-62 Kodam XII/Tpr yang jatuh pada tanggal 17 Juli mendatang. Kegiatan bhakti sosial donor darah ini dilaksanakan secara massal.

"Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan donor darah secara massal yang dilaksanakan di tiga tempat yang pertama di Aula Makodam, yang kedua di Denkesyah Palangka Raya kemudian yang ketiga adalah di Denkesyah Sintang," jelasnya.

Selanjutnya mengatakan, meskipun dalam suasana pandemi seperti sekarang ini tetapi tetap banyak kasus - kasus masyarakat yang memerlukan darah. Baik dioperasi atau penyakit lainnya yang perlu tranfusi darah.

"Sehingga memang darah ini sangat diperlukan oleh masyarakat. Sesuai dengan tema kami yaitu Manunggal Dengan Rakyat Mewujudkan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19, dalam rangka mengantisipasi kekurangan darah kami melaksanakan donor darah ini," katanya.

"Untuk seluruhnya hari ini kita menyasar sebanyak 500 orang pendonor," tambahnya.

Sementara itu, Kasi P2D2S Unit Donor Darah PMI Kota Pontianak Rini Pujiastuti mengatakan cukup terbantu dengan kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Kodam XII/Tpr. Karena dapat memenuhi stok darah di PMI Pontianak.

"Kebutuhan darah untuk saat normal seperti ini per harinya bisa 150 sampai 200 kantong. Sedangkan pasokan darah hanya mampu terpenuhi 80 persen dari jumlah yang dibutuhkan," pungkasnya. (Pendam XII/Tpr)
Share:
Komentar

Berita Terkini