Satgas Kepemudaan HBB Kreatif Dan Inovatif

Editor: inihari.com author photo

Medan,

Inihari.com– Pelantikan Satuan Tugas (Satgas)  digelar oleh Himpunan Bangso Batak (HBB) Sumatera Utara, di salah sebuah hotel di Medan, Sabtu (1/8/2020) pukul 14.00 WIB.

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah tokoh Batak, termasuk mantan Gubernur Sumut (Gubsu) Samsul Arifin, Brigjen Jhon Sihombing, Professor BA.  Simanjuntak.
Sebelum acara dimulai, para tokoh Batak dan para tamu undangan disambut dengan tari tarian adat wilayah setempat.

Dalam laporannya, ketua pelaksana acara memperkenalkan para pengurus, yaitu Adventus Purba sebagai Ketua Satgas DPD HBB Sumut, Humpu Simaremare ST sebagai Sekjen Satgas DPD HBB.

Tokoh Batak yang juga mantan Gubernur Sumut Samsul Arifin Silaban  mengapresiasi Satgas HBB, yang telah bekerja membagikan paket sembako dibeberapa tempat.

“Menurut saya, program yang paling penting adalah masyarakat harus makan, masyarakat harus bekerja, masyarakat harus sehat. Kalau hal tersebut tidak dapat terlaksana jangan harapakan masyarakat dapat sejahtera,” ucap Samsul Arifin.
Samsul mencontohkan saat dirinya memimpin di Kabupaten Langkat, untuk ijin pendirian pasar swalayan tidak dikeluarkan.

“Disana ijin untuk mendirikan pasar swalayan tidak saya keluarkan dan saya hanya menata pasar tradisional agar dapat berkembang, sehingga perputaran uang dikalangan masyarakat akan merata, walaupun program tersebut sangat sederhana tetapi sangat berarti dan dapat membantu perekonomian masyarakat kecil,” katanya.

Sementara Brigjen Jon Sihombing mengatakan konsep kepemudaan saat ini harus bergeser pola pikirnya dengan ormas yang lain. “Konsep kepemudaan dengan mengandalkan pakaian loreng petantang petenteng kesana kemari tidak tentu arah akan tergerus dan akan ketinggalan jaman pada saat yang akan datang. Dan saya berharap dari lahirnya Satgas kepemudaan di HBB harus lebih kreatif dan inovatif, misalnya dengan melakukan kegiatan pertanian,” jelasnya.

Katanya, ada contoh konkrit yang bisa diambil seperti pembukaan lahan yang kosong untuk dijadikan lahan pertanian Jahe merah yang harganya Rp150rb per kg. Kalau lahan yang ditanam sekitar satu Ha, berapa hasil yang didapat.
“Maka dari itu, saya mengharapkan agar hal demikian dapat dipikirkan kedepannya, dan bila perlu Kodam I/BB siap membantu dengan mengerahkan alat beratnya untuk membuka lahan kalau diminta,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPP HBB Lamsiang Sitompul SH, MH mengatakan didalam HBB semua program telah berjalan, seperti kepedulian akan sesama yang terdampak Covid -19 dan aksi terhadap kerusakan ekosistem lingkungan Danau Toba.
“Dan yang paling menyayat hati dan membuat kita prihatin adalah ancaman hukuman mati di Malaysia terhadap saudara kita Jonatan Sihotang, TKI asal Pematang Siantar. Dan hal ini kita masih berkordinasi dengan berbagai pihak yang berkompeten,” katanya.

Terakhir, Ketua Satgas HBB DPP Sumut Adventus Purba menyatakan kesiapannya dan tetap mengikuti arahan pemerintah.
“Sebagai lembaga kepemudaan yang berorientasi kepada program sosial tanpa memandang suku dan agama. Kami siap menerima masukan dari saudara – saudara kami dan melakukan jalinan kerja sama,” tegasnya.

Tampak hadir dalam acara Sekjen DPP HBB Luhut Situmorang, para anggota Satgas HBB Kota Medan, Deli Serdang dan  Pemuda Batak Bersatu (SP)


Share:
Komentar

Berita Terkini