Tolak Omnibus Law, SBMI Merdeka dan FSPMI Sumut Demo DPRD Sumatera Utara

Editor: inihari.com author photo
 Ket Foto : Ratusan buruh dari aliansi Serikat Buruh Merdeka Indonesia dan FSPMI Sumut tolak Omnibus Law unjuk rasa damai di Gedung DPRD Sumut.



Medan,

IniHari.com ~ Ratusan massa yang tergabung dalam aliansi Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI) dan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), KSPI Sumut berdemo menyuarakan penolakan terhadap RUU Omnibus Law di Gedung DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol Medan, Selasa (25/08/2020).

Dalam tuntutannya, yang tertulis dalam isi pernyataan sikap dan ditanda tangani oleh Ketua DPW FSPMI – KSPI Sumut, Willy Agus Utomo SH, dan Ketua Umum BPP Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI), Rintang Berutu SH, mereka secara bersama menyatakan sikap dan tuntutan.

Adapun beberapa butir poin pernyataan sikap dan tuntutan mereka antara lain yakni, Menolak Omnibus Law Cipta Kerja, Negara bertanggung jawab penuh terhadap Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap Pekerja dan Buruh dengan alasan Pandemi Covid-19.

Tolak Omnibus Law, SBMI Merdeka dan FSPMI Sumut Demo DPRD Sumatera Utara

Kemudian, Tolak rencana Pemerintah menunda iuran BPJS Ketenagakerjaan, Copot Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI), Ida Fauziah, selanjutnya meminta agar Kapoldasu mengadakan deks Ketenagakerjaan di Poldasu.

Mereka juga meminta kepada agar Gubsu dan DPRD Sumut menambah kualitas, kuantitas dan anggaran bagi lembaga pengawasan Ketenagakerjaan Disnaker Sumut, Para buruh juga meminta agar masalah Ketenagakerjaan di Sumatera Utara dapat diselesaikan.

Selain itu, mereka juga meminta agar Kapolres Pelabuhan Belawan menghentikan kriminalisasi yang dilakukan Pengusaha/Pimpinan PT. Jul Shin Indonesia terhadap Sdr Apeng Menurung Ketua PUK SPAI FSPMI PT. Jul Shin Indonesia.

Kemudian mereka menegaskan agar PT Hotel Citi International menghentikan perbuatan diskriminasi dan intimidasi terhadap Wahidin, Irwansyah dan Andri Joni yang merupakan pengurus basis (PB) SBMI PT Hotel Citi International.

Dari ratusan aksi massa yang hadir, sebagian mereka membawa berbagai umbul – umbul dan poster yang bertulisan bermacam kalimat penolakan terhadap RUU Omnibus Law.

Aksi ratusan massa buruh siang tadi di depan gedung DPRD Sumut, mendapat pengawalan ketat dari Kepolisian, tampak hadir Kapolsek Medan Baru, Kompol Aris Wibowo, dan personil dari Polsek Medan baru, Polrestabes Medan dan dibantu oleh pasukan Brimob Polda Sumut.

Pantauan di lapangan aksi unjuk rasa tersebut berjalan damai dan lancar.

(RAID) .

Share:
Komentar

Berita Terkini